Sabtu, 19 Oktober 2013

[Baka Recipe] Mie Siram Sarden

Pagi semuaaaah~~

Okay, kali ini saya mau tambah satu resep lagi. Kali ini murni kreasi saya, saya ga tau kalian pada suka atau engga. Tapi kalo kalian pada nyari hidangan yang simple dan ga ngejelimet buatnya, plus bahan-bahan yang digunakan mudah didapat, resep ini bisa jadi pilihan~~


Saya biat masakan ini awalnya karena kehabisan makanan saat di rumah, dan buka-buka isi kulkas hanya menemukan bahan yang belum diolah. Well, mutar otak sedikit, saya memberanikan diri untuk membuat suatu kreasi baru. Resep ini juga bisa dibilang makanan yang cukup mengenyangkan loh ^^

Berikut bahan-bahannya :

- 1 bungkus mie telur yang kering (yang merek 3 a*am sih kalo saya, itu satu bungkus isi 3 lempeng, pake semua yah~)
-1 kaleng sardine ukuran kecil
-2 buah kentang
-2 butir telur
-Saus teriyaki
-Saus tiram
-Saus sambal/tomat
-Frozen Vegetable
-1/2 buah bawang bombay,cincang kasar
-Garam&Merica
-Tepung maizena untuk mengentalkan
-Margarine untuk menumis

Cara membuat :
-Pertama kita rebus dulu mie telurnya hingga matang, tiriskan. Tambahkan sedikit minyak bila tak ingin mie menjadi lengket saat ditiriskan, karena mie akan di tiriskan dalam waktu yang cukup lama.
-Buat adonan telur dadar menggunakan 2 butir telur yang dicampur dengan garam dan merica secukupnya, lalu tambahkan 1/2 sdt saus teriyaki (atau sesuai selera), kocok.
-Panaskan margarin, masukan 1/2 bagian bawang bombay yang sudah di cincang tadi (jadi jatuhnya 1/4 bawang bombay), tumis hingga harum. Lalu masukkan adonan telur dadar, balik, lipat menjadi 2 bagian, tunggu sampai matang, sisihkan.
-Potong kentang memanjang (seperti potongan semur), lalu goreng setengah matang. Tiriskan.
-Masak sardine sesuai petunjuk, tambahkan sedikit air lalu masukkan kentang yang sudah di goreng tadi. Tunggu hingga matang. Lalu matikan api.

*Saus*
-Panaskan margarin untuk menumis, masukkan bawang bombay, lalu frozen vegetable yang sudah di panaskan sebelumnya.
-Tambahkan air secukupnya (sekitar 100 ml), lalu tambahkan 1sdt saus teriyaki, 1 sdm saus tiram, garam dan merica secukupnya, 2 sdm saus sambal.
-Sementara itu siapkan larutan maizena, larutkan 2 sdm tepung maizena dengan 5 sdm air. aduk jangan sampai menggumpal. Masukkan larutan tersebut ke saus yang sudah mendidih, lalu diamkan beberapa menit sampai mengental.

*Penyajian*
Tata mie dengan rapi di piring, lalu siram mie dengan sardine.
Setelah itu tutup permukaan mie dengan telur dadar, lalu tambahkan saus yang sudah kita buat di atas telur :9

(well, sorry ga ada contoh gambarnya... resep ini saya buat dari jaman saya SMA dulu. Tapi overall, buat kamu yang pengen coba-coba resep ini, ga ada salahnya coba. Kalo kata mama saya sih rasanya pas, dan si mama sampe ketagihan minta buatin lagi. Apalagi buat anak kos, yang kantongnya menipis di akhir bulan~ well frozen vegetable nya cuma optional kok, kalo ga ada masih bisa tetap di buat. Soal sausnya itu juga fleksibel banget bahan bahannya, aku sih asal coba dan masukin aja, dan kebetulan hasilnya pas, tee hee)

Salam awesome :3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Happy Cat Kaoani