Jumat, 18 Oktober 2013

Kare Rice a'la Jepang

Siang semua,

Sebagai postingan perdana di blog mandiri saya, saya bakal nge-share mengenai resep masakan yang pernah saya coba praktek buat. Beberapa hari ini saya mencoba untuk membuat Kare Rice yang biasa ada di Anime atau Dorama Jepang.

Ternyata untuk pembuatannya ga terlalu susah dan ngejelimet, berikut bahan-bahannya :



300-500 gram daging, potong dadu sekitar 2cm (banyakknya daging bisa disesuaikan dengan kantong kita, dagingnya juga bisa diganti daging ayam loh, bagian dada yah)
3 buah wortel ukuran sedang, potong melingkar
4 buah kentang ukuran sedang, potong dadu
1 buah apel
garam secukupnya
1 sdm madu
bubuk kare (ini bisa pake bubuk kare biasa kok, yang dijual di pasar-pasar)
1 buah bawang bombay
1 siung bawang putih
3 sdm terigu
minyak untuk menumis

Cara Pembuatan :
-Pertama siapkan minyak sekitar 2-3 sdm untuk menumis bawang bombay yang sudah dipotong kecil-kecil, tumis hingga layu, lalu sisihkan.
-Panaskan minyak sekita 4-5 sdm untuk menumis daging, masak sebentar saja hingga setengah matang, sisihkan.
-Menggunakan minyak bekas menumis daging tadi, masukkan wortel dan kentang yang sudah dipotong potong, tumis sekitar 1-2 menit, lalu tambahkan air ke tumisan hingga kentang dan wortel terendam seluruhnya.
-Setelah air mendidih, masukkan daging dan tumisan bawang bombay ke rebusan. Lalu tambahkan 1 siung bawang putih yang sudah di cincang halus.
-Diamkan rebusan, terus masak menggunakan api sedang selama kurang lebih 45-60 menit. Sementara itu kita siapkan bahan untuk kari nya.
-Parut apel yang sudah dikupas dan dibuang bijinya hingga halus, lalu campur parutan apel itu dengan 1sdm madu, 3-5sdm kare bubuk (tergantung kalian mau pedasnya semana, semakin banyak bubuk kare maka rasa pedasnya akan semakin terasa), dan garam secukupnya untuk menambah rasa (kalau saya menggunakan 1 sdt garam, tapi mama saya bilang masih sedikit kurang asin, jadi bisa ditambah lagi kalau suka asin). Aduk rata bumbu tersebut.

(bentuk bumbu kare-nya)

-Bila air di rebusan sudah mulai menyusut dan daging juga sudah empuk, matikan api. Masukan bumbu kare ke rebusan, aduk rata. Kalau suka sedikit asam,bisa tambahkan saus tomat sesuai selera. Lalu kembali hidupkan api sedang.
-Sementara itu, larutkan 5 sdm air dengan 3 sdm terigu, aduk hingga tak ada gumpalan lagi. Campurkan larutan terigu tersebut di rebusan. Aduk rata dengan api sedang. Diamkan beberapa menit hingga mengental.

(ini penampakkan abis dikasih terigu, setelah itu diamkan beberapa menit yaaaah :D)

Daaaaaan... taraaaaaaaaaaaa~~~ Kare rice nya udah jadiiiii~~ disajikan dengan nasi hangat yaaah ^^




(well, sedikit review mengenai rasa nih yah~ menurut saya rasa kare rice yang saya buat itu sedikit manis namun tetep bisa dapetin rasa "hangat" dari rempah yang berasal dari bubuk kare itu. Kalo baru makan masakan ini sekali, mungkin akan berasa sedikit aneh dengan rasanya, apalagi lidah orang Indonesia yang kurang terbiasa dengan masakan berebumbu simpel. Tapi setelah dimakan berikutnya, akan mulai terbiasa dan rasanya emang lumayan enak. Saya buatnya sedikit banyak, jadi bisa dimakan pas paginya, dan ternyata... rasa kare rice yang sudah sering dihangatkan berkali kali itu rasanya jauh lebih enak dibanding kare rice yang baru dibuat :9 IMO sih ini~~~)


Salam Awesome :3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Happy Cat Kaoani