Jumat, 18 Oktober 2013

[Review] Rune Factory 3: A Fantasy Harvest Moon

Okay, kali ini ane akan nge-review game NDS yang menurut ane asik buat dimainin...

yep, Rune Factory 3 XD!!

Game ini release di Jepang pada Oktober 2009, dikeluarkan oleh Marvelous Entertainment. Game playnya keseluruhan mirip dengan Rune Factory dari series sebelumnya. Dimana kita bisa berkebun, membuat kerajinan, membuat obat, mendekati gadis idaman, mengerjakan quest dari warga desa, melawan monster, bahkan menernakan monster yang kita tangkap.

Rune Factory sendiri bisa dibilang game yang masih bersaudara dekat dengan Harvest Moon, perbedaan besarnya hanya pada hewan yang diternak. Bila di Harvest Moon kita benar-benar merasakan hidup sebagai farmer yang ada di desa, kalau di Rune Factory selain menjadi farmer kita juga menjadi ksatria yang melindungi desa dari para monster yang hidup di dungeon dungeon sekitar desa yang kita tempati.

Tokoh utama di Rune Factory 3 adalah Micah, seorang setengah manusia dan setengah monster. Dia mengalami lupa ingatan dan ditolong oleh cucu kepala desa, bernama Shara. Well, Shara adalah salah satu kandidat yang bisa kamu nikahin disini. Berikut adalah list cewek yang bisa kamu deketin :

-Shara
Cucu kepala desa yang ditugaskan untuk menjaga toko bunga milik kakeknya. Karakternya ramah dan sangat menyukai tumbuhan. Dia memiliki adik perempuan yang sedikit "pemalu" bernama Monica. 
Item favoritnya adalah High Quality Flowers dan Water pot yang udah di upgrade XD
Item yang paling ga dia suka adalah Withered Grass

-Collate
Anak dari koki terkenal di desa. Karakternya sedikit kekanak-kanakan dan suka makan. Memiliki seorang adik laki-laki yang terkesan lebih dewasa dari pada dirinya. Berteman baik dengan Marian.
Item favoritnya adalah semua masakan yang ada karenya XD
Item yang paling dia benci adalah semua susu dan semua product olahannya.

-Marian
Merupakan cucu dari magician di desa. Hobbinya bereksperimen dengan ramuan penyembuhan, dan sering mengorbankan Collate dan Micah sebagai kelinci percobaannya.
Item favoritnya adalah makanan yang dibuat dari sayuran hijau.
Item yang dia benci adalah TOMAT XD

-Karina
Adalah anak dari pemilik toko di desa. Dia sangat malas dan tukang tidur, sering bertengkar dengan ibunya karena dia terlalu malas untuk disuruh menjaga toko. Karina ini punya cita-cita untuk pergi ke kota luar.
Item favoritnya adalah perhiasan yang berasal dari gem, kecuali diamond.
Item yang paling dia benci adalah diamond. *eh

-Pia
Dia adalah anak saudara angkat dari Sakuya dan sama sama dibesarkan di Inn. Ditugaskan untuk menjaga pemandian air panas di Inn. Dia adalah marmaid yang sedikit bodoh.
Item favoritnya adalah makanan yang terbuat dari cumi-cumi
Item yang paling dia benci adalah makanan yang terbuat dari iklan dan fossil ikan (well, dia itu marmaid XD)

-Sofia
Adalah anak orang kaya di desa. Memili kakak perempuan yang bernama Evelyn. Di keluarga dia memiliki kebiasaan yang sama seperti ayahnya, yaitu berbicara kebalikan.
Item favoritnya adalah rare can yang bisa kita dapetin saat mancing, atau super failed dish
Item yang paling dia benci adalah bubuk yang digunakan untuk memasak.

-Sakuya
Adalah anak dari pemilik Inn. Dia dewasa namun sedikit mata duitan, cita-citanya ingin menjadi mandiri dan tak terikat dengan ibunya. Dia suka mengumpulkan item yang dijatuhkan oleh para monster.
Item favoritnya adalah item yang dijatuhkan oleh boss di tiap dungeon
Item yang paling di8a benci adalah telur dan pudding.

-Carmen
Adalah wanita pemancing (dalam arti sebenarnya loh). Tinggal di resort dekat laut bersama kakaknya Carlos. Dia adalah wanita tomboy yang energetic.
Item favoritnya adalah makanan yang terbuat dari seafood.
Item yang paling dibenci adalah labu dna semua masakan yang terbuat dari itu.

-Raven
Gadis misterius yang tinggal bersama pandai besi desa, Gaius. Karakternya sangat misterius, belakangana akan diketahui bahwa dia juga setngah monster seperti Micah.
Item favoritnya adalah Sun and Tear pendant
Item yang paling dia benci adalah skull dan scrap metal.

-Kuruna
Dia adalah ketua desa monster. Bisa ditemui setelah mengalahkan boss di dungeon pertama. Karakternya sedikit pendiam, namun bisa tegas bila diperlukan. Awalnya tidak menyukai manusia.
Item favoritnya adalah coklat dan semua makan yang terbuat dari coklat.
Item yang paling dibenci adalah obat-obatan

-Daria
Gadis elf yang tinggal di Privera Forest (salah satu dungeon). Dia adalah seniman yang bisa dibilang memiliki selera seni yang nyentrik. Dia tinggal sendiri. Ciri khasnya adalah "rainbow"
Item favoritnya adalah Flavored Radish, Miso Eggplant, Dried Sardines
Item yang paling dia benci adalah Shrimp, Lobster, Accessories dan Rock

Well... misi utama di game ini adalah menyatukan 2 desa, yaitu desa manusia dan desa para monster. Setelah berhasil menyatukan desa, baru kita bisa menikahi gadis yang sudah kita dekati sebelumnya.

Berikut SS dari game yang saya mainkan...



Buat jalur cerita saya kasih score game ini 6/10 (ceritanya bagus, tapi sayangnya singkat banget)
Buat grafik ane kasih 8/10
Buat gameplaynya 8/10

*well, ini menurut ane, secara ane bukan gamer sih... tapi game ini bikin addict banget dan easy buat gamer pemula macem saya X3*


Salam awesome :3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Happy Cat Kaoani